Wednesday, March 23, 2011

Bahaya! Bumi Terancam

Kompas 21/2/2011 memuat berita tentang fenomena Colony Collaps Disorder (CCD) terhadap populasi lebah. Penurunan misterius koloni lebah dilaporkan sejak tahun 2007 hingga 2011 kini, terjadi di beberapa belahan dunia Amerika, Eropa, Jepang, China bahkan di Inonesia.


Pada tahun 2009, pemerintah AS melaporkan terjadi penurunan koloni lebah hingga 29 persen. Peneliti lebah dari P2 Biologi LIPI Sih Kahona terkaget-kaget dengan situasi yang terjadi di kebun Raya Bogor. Lebah hutan yang biasanya selalu ramai berdengung pada setiap awal musim kemarau hingga awal musim hujan nyaris sepanjang tahun 2010 tidak lagi terdengar.

Fenomena CCD masih belum jelas penyebabnya hingga kini, namun sejumlah peneliti menduga CCD disebabkan oleh perubahan iklim, pembalakan hutan, dan peptisida menjadi ancaman yang paling ganas. Lebah kemudian tidak mampu beradaptasi dengan perubahan iklim ini.

LALU APA BAHANYA BAGI LINGKUNGAN???

Berikut petikan Albert Einstein seagaimana juga dimuat sebagai pengantar berita Kompas tersebut:

“Jika lebah musnah dari muka bumi ini, manusia hanya sanggup bertahan selama mpat tahun, tak ada penyerbukan, tak ada tanaman, tak ada binatang lagi, tiada lagi manusia…”

0 comments:

Post a Comment

 
;